HIBAH PNRI
Pendidikan Kritis Transformatif
Prodi MPI
Buku ini merupakan studi kritik dan problematisasi terhadap modernisme pendidikan, dengan melihat kelemahan dan ketidakbaikan filsafat modern yang dimulai dari rasionalisme, empirisme dan positivisme, bahkan saintisme. Dibeberapa bagian, akan diperlihatkan beberapa dampak nalar filsafat modern terhadap penyelenggaraan pendidikan Islam termasuk di dalamnya, semangat pengetahuan yang akan dikembangkan. Buku ini memberikan gambaran ketidakbecusan nalar pendidikan modern dengan membandingkan dengan nnalar mazhab kritis dan postmodern. Tidak hanya berhenti di sisi mazhab kritis dan postmodern, tulisan ini juga akan memberikan perbandingan kritik yang sebelumnya telah dilakukan oleh para filsuf ataupun pemikir muslim.. Dibeberapa bagian akan diperlihatkan beberapa dampak nalar filsafat modern terhadap penyelenggaraan pendidikan Islam termasuk didalamnya, semangat pengetahuan yang dikembangkan. Dan utnuk menjalani studi kritik terhadap landasan epistimologi pengetahuan modernisasi pendidikan dengan menggunakan metode kritik sehingga akan lebi terlihat kelemahan dan ketidakbaikan modernisasi pendidikan. Selanjutnya akan di diformulasikan pendidikan yang mejadikan mazhab kritis dan postmodern sebagai landsan epistimologinya dengan istilah : Pendidikan Kritis Transformatif”.
Tidak tersedia versi lain